Tanjung Silar Indonesia A-Z
TRAVEL STORY

Wisata Sulawesi Boltim – Pantai Patokan dan Tanjung Silar

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on telegram
Share on whatsapp

Boltim? Pertama kali dengar nama tempat ini asing banget. Ternyata singkatan dari Bolaang Mongondow Timur, sebuah kabupaten di Sulawesi Utara. Trip Manado Minahasa kali ini modelnya share cost, diajakin salah seorang teman yang emang hobi banget eksplor tempat baru, sebut saja Al. Dia yang nentuin tempat mana saja yang akan didatangi dan perkiraan waktunya. Tiket PP Jakarta-Manado berkisar antara 2,2 juta – 3,3 juta Rupiah. Untuk trip Manado Minahasa dengan share cost 5 orang kami menghabiskan sekitar 1.2 juta selama 4 hari 3 malam.

Untuk menghemat waktu gue mengambil penerbangan malam dari Jakarta, sampai di Manado tengah malam. Waktu tempuh dari Manado ke Boltim sekitar 4 jam perjalanan darat. Kami berangkat 2.00 WITA dari Bandara Sam Ratulangi. Beruntunglah ada 1 cowok yang bersedia nyetir 4 hari 3 malam selama perjalanan ini.

Sunrise di Pantai Molobog

Perjalanan dari Manado ke Boltim cukup menantang karena berlkelok, naik turun, dan tidak ada lampu jalan. Jadi penerangan mengandalkan lampu mobil saja. Belum lagi, menjelang pagi, ayam dan anjing menyebrang jalan dengan perlahan, harus super hati-hati nyetir di sini dan siap rem mendadak. Matahari terbit di sana sekitar pukul 6 WITA dan kami pas sampai di Pantai Molobog. Golden sunrise! Ga pakai mikir lama, turun dari mobil dan langsung menikmati matahari terbit di Pantai Molobog, Boltim.

Pisang Goroho

Rencana pagi wisata Boltim menuju ke Pantai Patokan dan Tanjung Silar. Masih terlalu pagi, belum ada penyewaan kapal di pantai, jadi kami harus menunggu hingga pukul 8. Fasilitas di sini belum lengkap, bisa dibilang ala toilet dan warung ala kadarnya. Buat gue sarapan di warung tepi Pantai Molobog ini cukup spesial karena menjual pisang goroho, makanan khas Sulawesi Utara. Pisang yang belum terlalu manis diiris tipis kemudian digoreng, menyerupai keripik pisang namun agak tebal, dan dimakan dengan sambal. Nikmat!

Toilet di Pantai Molobog

Di warung ini juga kami menyewa kapal menuju Pantai Tanjung Silar dengan biaya Rp 20.000/orang. Perjalanan dari Pantai Molobog ke Pantai Tanjung Silar hanya memakan waktu 30 menit, ombaknya cukup tenang dan pastinya pemandangan laut dikelilingi perbukitan. Untuk kalian yang mau berwisata ke Boltim, ke Pantai Tanjung Silar, IAZ memiliki storyteller di sana, yaitu Bapak Teteajeng, yang menyewakan kapal sekaligus pemilik warung.

Kapal di Molobog Indonesia A-Z
Kapal di Molobog

Pantai Tanjung Silar bersih dan tenang ombaknya, di sini juga banyak warung yang menjual makanan, pastinya mi instan selalu ada. Spot yang lebih kece adalah Pantai Patokan yang letaknya di balik bukit. Untuk menuju ke sana, cuma perlu berjalan kaki sekitar 10 menit dan sedikit menanjak di awal. Tidak dipungut biaya untuk masuk ke sini, hanya uang retribusi seikhlasnya (Februari 2018). Ada papan pintu masuk menuju ke Pantai Patokan.

Pantai Patokan Indonesia A-Z
Pantai Patokan

Pantai Patokan kece banget! Lautnya biru cerah dengan pasir putih halus yang diapit 2 tebing, dan ombaknya cukup bersahabat. Kami menghabiskan waktu hampir sejam di sini. Beruntung sedang surut, sehingga bisa turun ke pantai. Setelah puas bermain di pantainya, kami naik ke atas tebingnya, dari atas sini pemandangan juga ga kalah indah. Di sisi lain pulau, bukan pantai berpasir, tapi berupa karang yang cukup tajam. Ada juga hamparan ilalang, oke sih buat di foto di sini.

Pemandangan dari atas Indonesia A-Z
Pemandangan dari atas

Setelah sejam puas main air, foto-foto, kami langsung kembali ke Pantai Tanjung Silar. FYI, kapal yang mengantar kami ke sini tidak standby, jadi begitu sampai di pantai, harus telpon ke Pak Teteajeng supaya dijemput kembali. Begitu sampai di Pantai Molobog, pisang goreng dan sambal roa sudah menunggu, sambal roa di sini nikmat banget! Oiya kalau beli makanan di warung sini, sebaiknya ditanyakan per pesanan, supaya tidak ditembak harga.

Dari Pantai Molobog, kami menuju ke Danau Moat, tidak jauh dari situ terdapat sebuah restoran yang cukup murah dan dihias cukup banyak bunga. Memang ada beberapa spot instagramable yang disediakan untuk berfoto. Setelah makan siang dan beristirahat 1.5 kami menuju ke Tomohon. Cerita Tomohon bisa dibaca di sini.

Danau Moat Indonesia A-Z
Danau Moat

 

Tanjung Silar Indonesia A-Z
Tanjung Silar

Kita berwisata, kita bercerita.