Air Terjun Sumampan Gianyar Indonesia A-Z
TRAVEL STORY

Air Terjun Sumampan Si Hidden Gem Gianyar

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on telegram
Share on whatsapp

Setelah dari Air Terjun Leke-Leke, gue balik sedikit ke selatan, ke Air Terjun Sumampan di Gianyar. Biasanya kan lihat relief itu di candi, nah ini di air terjun, ini yang jadi salah satu keunikan air terjun Sumampan. Disarankan naik motor ke sini karena agak sulit untuk parkir mobil. Tiket masuk Rp 10.000, untuk retribusi perbaikan jalan.

Petunjuk arah Air Terjun Sumampan Indonesia A-Z
Petunjuk arah Air Terjun Sumampan
Pintu masuk Air Terjun Sumampan Indonesia A-Z
Pintu masuk Air Terjun Sumampan

Jalurnya jalan setapaknya rindang, lewat perkebunan penduduk. Perjuangan buat sampai di air terjun ini bisa dibilang effortless. Dari tempat parkir sampai ke air terjun hanya 10 menit, jalur cenderung datar, sebelum sampai sungai ada tangga cukup curam tapi sudah rapih dan aman.

Relief di tangga turun Sumampan Indonesia A-Z
Relief di tangga turun
Tangga turun curam Sumampan Indonesia A-Z
Tangga turun curam Sumampan

Relief bisa ditemukan mulai dari dinding sebelah tangga jalur turun, di sungai, dan juga di dinding air terjun. Relief dari batu padas ini sengaja dibuat untuk estetika. Keunikan lainnya, air terjun ini bukan berasal dari mata air seperti air terjun pada umumnya, tapi terbentuk dari rembesan terowongan irigasi. Unik ya!

Hidden gem Gianyar Sumampan Indonesia A-Z
Air terjun dari terlihat dari atas
Relief di sungai Indonesia A-Z
Relief di sungai

Tantangannya untuk sampai di air terjun adalah menyebrang sungai. Salah kostum gue pakai kaos dan jeans, tapi nanggung banget ga nyebrang. Sudah disediakan tali untuk pegangan nyebrang air terjun, tinggi sungai sekitar 1-1,5 meter.

Untuk nyebrang sungai ada tali untuk pegangan Indonesia A-Z
Untuk nyebrang sungai ada tali untuk pegangan

Rasanya kayak di shower yang super deras, ada kolam di bagian bawahnya. Terbentuk karena kena air yang deras. Gue duduk-duduk di tepinya aja, ga ke kolam. Lihat sekeliling, banyak relief juga di sini tapi sebagian sudah tertutup lumut.

Infinity shower Sumampan Indonesia A-Z
Rasanya kayak infinity shower
Relief di pinggir sungai Indonesia A-Z
Relief di pinggir sungai
Relief yang baru dibuat di Sumampan Indonesia A-Z
Relief yang baru dibuat di Sumampan

Enak duduk santai di sini, adem dan ga rame. Waktu sampai hanya ada 1 rombongan sekitar 5 orang. Di sisi lain sungai, ada beberapa bapak yang membuat relief. Jam buka air terjun ini sampai 17.00 WITA, pastikan kalau mau berkunjung sebelum jam itu. Ga cuma ke pantai, kalau ke air terjun sepertinya harus langsung bawa baju renang. Belum ada kamar ganti di sini, cukup beruntung kemarin ada pemilik penginapan dekat situ dan bisa ijin pakai toiletnya untuk ganti baju.