TRAVEL STORY

Wisata Lombok – Air Terjun Tiu Kelep di Kaki Gunung Rinjani

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on telegram
Share on whatsapp

Lombok terkenal dengan Gunung Rinjani dan pantainya yang indah, juga dengan air terjun di kaki gunungnya. Tepatnya di Desa Senaru, ada Air Terjun Tiu Kelep. Keindahannya tak kalah gila dari Air Terjun Sendang Gile!

Posisi Tiu Kelep ini lebih tersembunyi dari Sendang Gile. Jika Sendang Gile hanya membutuhkan waktu 15 menit dari pintu masuk, Tiu Kelep membutuhkan waktu ekstra 45 menit. Air Terjun Tiu Kelep terletak di Desa Senaru.
Dari pintu masuk sampai Air Terjun Sendang Gile aksesnya cukup mudah, tangga yang sudah rapi dan ada beberapa pondok untuk beristirahat. Tepat sebelum jalan turun ke Sendang Gile, ada jalan kecil ke arah kanan, jalan inilah yang menuju ke Tiu Kelep, berupa jalan setapak.
Setelah jalan setapak, kita akan menemukan tangga menuju jembatan. Seperti benar-benar berada di hutan karena kita akan menyeberangi sungai di antara pepohonan rimbun.
Butuh sedikit perjuangan ekstra untuk sampai di Tiu Kelep, berhati-hati karena batu di sini licin untuk dipijak. Namun jangan khawatir, semua perjuangan akan terbayar begitu melihat papan selamat datang di Tiu Kelep.
Air terjun indah menanti di depan mata. Untuk sampai di kolam tepat di bawah air terjun, kita harus berjalan di sungai yang berarus lemah. Air sungai sangat bening, bebatuan dapat terlihat jelas.
Mata akan dimanjakan dengan pemandangan dan suara air terjun yang dikelilingi tebing dengan pepohonan rimbun. Tidak ada kamar ganti atau penjual makanan dan minuman di Tiu Kelep, jadi sebaiknya membawa sendiri bekal untuk di sini.