TRAVEL STORY

Keunikan Wisata Selam Air Panas di Laut Laonti

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on telegram
Share on whatsapp

Kontributor: Yusaq Satria

 

Sulawesi Tenggara kaya akan keindahan alam dan budaya, tidak terkecuali destinasi wisata unik seperti wisata di volcano site dive atau lokasi selam air panas yang terletak di laut Laonti, Desa Tambeanga. Saya dan tiga orang teman berangkat ke daerah Konawe Selatan dan menginap 2 malam di pantai yang belum bernama untuk menuju Laut Laonti.

Destinasi wisata di Laonti ini memiliki keunikan tersendiri karena sumber air panas di bawah laut. Sambil menikmati keindahan bawah lautnya, ada sensasi air panas yang kami rasakan ketika snorkeling atau diving. Gelembung air panas yang berasal dari dasar laut ini sangat terasa di pagi hari ketika air laut sedang surut, meski demikian akan tetap terasa panas walaupun air laut sedang pasang.

Pemandangan Bawah Laut Laonti

Selain snorkeling, aktivitas lain yang bisa dilakukan di sini dengan bersantai di hammock yang dipasang di batang pohon rindang di pinggir pantai. Kami menikmati hari di pantai sembari mendengar gelombang nada yang di ciptakan debur ombak menabrak karang. Pantai ini indah dan belum terjamah, bahkan belum ada WC umum ataupun warung. Namun jangan khawatir, penduduk di sini ramah. Kami tinggal di rumah warga dan dilayani dengan baik, bahkan dibakarkan ikan yg masih segar.

Pintu masuk gua air tawar

Setelah puas menyelam dan bersantai, kami menuju destinasi wisata lainnya, yaitu Gua Mata Air Tawar Emba di Desa Tambolosu, masih di Kecamatan Laonti. Gua ini unik karena berada di pinggir pantai, terdapat aliran deras air tawar dari sela- sela batu yang langsung mengalir ke laut. Sensasi airnya dingin dan menyegarkan. Untuk menuju ke Gua Mata Air Tawar Emba, kami menggunakan kapal penumpang dengan waktu tempuh  3 jam dari Kota Kendari ke Desa Tambeanga dengan membayar RP 30.000 kemudian dilanjutkan dengan perjalanan 5 menit menggunakan kapal motor milik warga setempat dan membayar Rp 50.000.

Destinasi wisata di Laonti, bisa menjadi alternatif destinasi wisata di Sulawesi Tenggara. Sangat menyenangkan di sini serasa pantai pribadi karena belum banyak yang berkunjung atau mengetahui tempat ini, bahkan pantai ini belum memiliki nama.