Sukasantai Indonesia A-Z
TRAVEL STORY

Sukasantai Farmstay

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on telegram
Share on whatsapp

Aman ga sih staycation sekarang ini? Tergantung tempat dan masing-masing orang (pendapat gue). Dengan kondisi covid, gue lebih selektif milih tempat dan partner liburan. Private trip dengan grup kecil, pembatasan tamu, dan penerapan protokol kesehatan jadi kriteria wajib buat liburan gue sekarang.

Supaya seimbang, setelah ketemu air laut di Pulau Macan, gue perlu udara pegunungan. Dari review teman dan googling cari informasi, akhirnya pilihan jatuh ke Sukasantai Farmstay. Ya sesuai dengan namanya, ini adalah salah satu tempat bersantai terbaik. Ga pake itinerary, ga ada aktivitas berat. Nikmati aja leyeh-leyeh di sana. Untuk booking, via WA (nomor dan harga per malam di website-nya), tidak ada di aplikasi travel. Sekitar 1.5 juta untuk 3 hari 2 malam (Kamis-Sabtu), sudah termasuk makan, snack, dan aktivitas di sana.

welcome to sukasantai Indonesia A-Z
Selamat datang di Sukasantai!

Farmstay? Yes, bukan resort atau hotel. Jadi jangan dibayangkan ada infinity pool dengan pemandangan gunung. Adanya kolam ikan + teratai dengan pemandangan Gunung Gede dan Pangrango. Lokasinya di Sukabumi, sekitar 3 jam dari Jakarta. Bersih, tertata rapih, staff ramah, dan pastinya semua memakai masker di luar kamar. Sinyal di sana terbatas dan wifi hanya ada di ruang makan. Ini waktu yang pas buat matiin notifikasi dan menikmati liburan santai.

Panen labu sukasantai Indonesia A-Z
Panen labu sukasantai

Begitu sampai di lobi, excited lihat berbagai macam labu tertata rapih di meja. Labu itu hasil panen staff di sana dan dilombakan. Kesan pertama begitu sampai lobi, adem, damai, dan tenang. Dari labu, perhatian gue beralih ke dinding cantik di sebrangnya.

Lobi 2 Sukansatai Indonesia A-Z
Dinding cantik di Sukasantai

Kamar Ubi

Nama kamar di sini adalah nama-nama tanaman, gue di Kamar Ubi. Check-in pukul 12.00, tapi bisa datang lebih awal untuk lihat sekitar. Kamar Ubi ini kapasitasnya 6 orang dengan 2 lantai. Lumayan PR karena kebagian tidur di atas jadi turun naik tangga.

Kamar Ubi Sukasantai Indonesia A-Z
Kamar ubi dengan pemandangan kolam

Beruntungnya pintu kamar ini menghadap ke barat jadi bisa menikmati matahari terbenam dari depan kamar. 3 hari 2 malam gue tidur dengan tenang tanpa notifikasi di HP. Hahahah..

Pemandangan senja dari depan kamar sukasantai Indonesia A-Z
Matahari terbenam dari depan kamar

Bertani

Kemangi, nanas, pepaya, rosemary, bunga kenop sukasantai Indonesia A-Z
Kemangi, nanas, pepaya, rosemary, bunga kenop

Nginap di farmstay sekalian cobain bertani. Buat yang suka bercocok tanam, pasti suka banget liburan di sini. Ada banyak tanaman bunga, buah, sayur, dan herbal. Jadwal panen di hari Senin dan Kamis pagi, dimana hasil panen dijual ke Jakarta. Berminat? Bisa cek di Rosy Veggie. Mereka juga kasih resep untuk membuat pupuk dari sisa sayuran dan Yakult. Menarik!

Hasil panen di Sukasantai Indonesia A-Z
Hasil panen ditimbang, dibayar, dan dibawa pulang

Tamu juga bisa beli sayuran yang dipanen sendiri. Ternyata panen wortel ga segampang yang gue kira, susah nyabut wortel yang panjang, riskan patah. Selain itu Sukasantai juga jual tanaman dan hasil olahannya. Pas ke sana, pas banget ada pengolahan minyak sereh wangi. Wangi banget. 600 KG sereh yang diolah (direbus) menghasilkan 5.6 liter minyak sereh.

Peternakan sapi

Kebun sukasantai ke arah selatan Indonesia A-Z
Rosemary dan sereh sebagai pagar

Peternakan sapi lokasinya di sebelah selatan kebun. Pemandangan hijau sepanjang jalan. Gue suka dengan kebun di sini, rosemary dan sereh dijadikan sebagai “pagar” untuk mengusir tikus.

Perah susu sapi sukasantai Indonesia A-Z
Memerah sapi

Awalnya agak ngeri mau coba perah sapi, tapi ternyata sapi ini jinak, namanya Panda, berumur 3 tahun. Bisa coba minum langsung susu sapi yang baru diperah-kalau mau. Gue ga coba.

Treking ke hutan bambu

Jalur ke giant bamboo sukasantai Indonesia A-Z
Jalur ke hutan bambu

Pakai alas kaki yang nyaman dan bawa minum, itu aja. Lebih pagi karena belum terlalu terik. Jalurnya sudah dibuat tangga rapih. Ada bambu raksasa di sini, besar banget, diameter lebih dari 15 cm. Untuk menuju ke sana akan melewati hutan bamu dan perkebunan, mulai dari alpukat, sukun, ubi, singkong, talas dan pohon-pohon lain yang gue ga tau namanya. Kalau ga sering berhenti di jalan, 30 menit saja (bahkan kurang) sudah sampai di hutan bambu ini.

Hutan bambu Sukasantai Indonesia A-Z
Hutan bambu dengan bambu berdiameter besar

SANTAI

Ruang santai Indonesia A-Z
Ruang baca dan bersantai
Hammock Sukasantai Indonesia A-Z
Hammock di Sukasantai

Nah sesuai dengan namanya, waktunya bersantai. Ada kursi ayunan, ada hammock, ada ruang baca, ada bean bag di lantai 2, ada hamparan rumput. Tinggal pilih mau menikmati yang mana.

Best spot sukasantai Indonesia A-Z
Spot terbaik untuk menikmati kebun
Kolam ikan pemancingan Indonesia A-Z
Pemandangan dari kursi ayunan

Berhubung hammock agak jauh dari kamar, jadi gue lebih memilih duduk-duduk di sekitar kolam dan di rumput depan kamar. Menikmati sunset sore itu setelah gerimis ternyata dapat bonus, pelangi! Persis di atas kamar.

Pelangi di Sukasantai Indonesia A-Z
Pelangi di Sukasantai

Selain itu, gampang bolak-balik ke ruang makan untuk refill teh, jahe, atau minuman lainnya. Berasa aman di sini karena ruang makannya terbuka dan mejanya luas. Jadi tamu kamar satu dengan yang lainnya berjauhan. Hanya ada 4 rombongan kecil ketika gue nginap di sana.

Open kitchen sukasantai Indonesia A-Z
Ruang makan dan dapur

Bawa snack dari Jakarta dan ternyata ga habis, gue titip di kulkas dapur Sukasantai. Yap tamu bisa menitip makanan di kulkas dan meminjam microwave. Jadi ga ada makanan yang terbuang sia-sia di sini. Makanan di sini disajikan per kamar sesuai dengan jumlah tamu. Sukasantai juga meminimalkan penggunaan plastik. Air mineral di kamar bukan dalam kemasan plastik, tapi dengan botol beling.

Tertarik ke Sukasantai? Harus booking secepatnya karena hampir selalu penuh. Ini oke banget untuk staycation, bawa anak kecil atau orang tua. Kemana new normal weekend getaway berikutnya?

Sukasantai farmstay map Indonesia A-Z
Sukasantai farmstay