Pink Beach dari atas bukit, foto oleh Fathia Indonesia A-Z
TRAVEL STORY

Surganya Laut Flores

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on telegram
Share on whatsapp

Pas bangun, happy banget, udah pagi dan ombak lebih tenang. Ternyata semalam banyak yang muntah hahah saking terombang-ambingnya. Akhirnya, selesai sarapan, berasa sampai di surganya laut Flores. Ini destinasi utamanya, tujuan live on board: Gili Lawa, Pulau Komodo, Pink Beach, dan Pulau Rinca.

Gili Lawa

Gili Lawa Indonesia A-Z
Gili Lawa

Sebelum sampai di sini, gue udah kebayang kalau Gili Lawa itu bagus banget. Ternyata aslinya, jauh lebih bagus dari foto! Si guide udah ingetin berkali-kali, cepet ya naik ke atasnya, biar ga keburu panas. Hm susah buat langsung naik ke atas dan ga nengok ke belakang, cakep banget! Buat gue waktu itu, pemandangan paling indah seumur hidup, kayak mimpi.

Di balik Gili Lawa Indonesia A-Z
Di balik Gili Lawa

Tapi ga lama gue sadar, ini kenyataan bukan mimpi, karena panas banget, banjir keringet. Cuma sekitar 15 menit di atas (agak nyesel sih, mestinya lebih lama). Setelah foto dari atas, gue turun dan lepas sepatu, langsung rendem kaki di pantai. Enak banget rasanya. Seandainya waktu itu bukan pakai jeans, gue udah nyebur ke pantainya.

Lari ke pantai setelah turun dari Gili Lawa Indonesia A-Z
Lari ke pantai setelah turun dari Gili Lawa

Kenyataan berikutnya yang gue hadapi adalah ga punya stok minuman manis yang dingin di ice box (ga ada kulkas di kapal ini). Dapat ide buat teh hangat yang super manis, ditambah air mineral dingin, jadilah es teh manis. Minum es teh manis di kapal dengan pemandangan indah, surga dunia.

Pink Beach

Pink Beach Indonesia A-Z
Pink Beach

Pasirnya pink! Ya iyalah makanya disebut Pink Beach. Dari kapal ke pantai harus naik perahu kecil atau berenang karena kapal jauh dari pantai, supaya jangkar ga ngerusak terumbu karang sekitar pantai. Selain itu, ga boleh pake fin. Bagus banget pemandangannya snorkeling di sini, kedalaman kurang dari 2 meter. Jernih ya! Gue foto pakai Sony TX-200.

Underwater pink beach Indonesia A-Z
Underwater pink beach
Karang Merah Indonesia A-Z
Karang merah di Pink Beach

Puas snorkeling, lanjut leyeh-leyeh di pantai yang pasirnya berwarna pink. Warna pink ini berasal dari pecahan koral Sebagian rombongan naik ke atas bukit, gue ga ikut karena ga pakai sandal dan panas banget. Pemandangan dari atas bukit bagus, agak menyesal ga naik hahaha..

Pink Beach dari atas bukit, foto oleh Fathia Indonesia A-Z
Pink Beach dari atas bukit, foto: Fathia

Pulau Komodo

Komodo di Pulau Komodo Indonesia A-Z
Komodo di Pulau Komodo

Dari Pink Beach ke Pulau Komodo. Hm sebenarnya pulau yang sama, hanya di sisi yang berbeda. Begitu sampai di pos depan, ada ranger yang siap dengan tongkatnya dan kami diinfokan apa yang ga boleh dilakukan ketika ketemu komodo. Yang gue ingat, jangan membuat gerakan tiba-tiba dan komodo tertarik pada benda yang berayun. Untuk yang lagi haid, akan dikawal lebih ketat karena komodo sensitif dengan bau darah.

Ga terlalu banyak komodo yang gue temui di sini. Sempat ada 1 komodo yang tiba-tiba jalan di antara rombongan, errr agak horor sih. Jangan mencar dengan rombongan dan jangan jauh-jauh dari ranger.

Pulau Kalong

Pulau Kalong Indonesia A-Z
Pulau Kalong

Niatnya mau lihat sunset di sini, tapi cuaca kurang bersahabat. Ga banyak kalongnya juga sore itu. Justru yang banyak kalong di Pulau Ontoloe. Beruntung malam itu ombak tenang jadi bisa tidur dengan tenang dan besok akan ketemu lagi dengan komodo lainnya di Pulau Rinca.