Es Bir Kotjok Indonesia A-Z
TRAVEL STORY

Wisata kuliner di Surya Kencana Bogor

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on telegram
Share on whatsapp
Kontributor: Florentina Woro

Kalau bosan makan siang di Jakarta pas weekend, gue biasanya main ke Bogor. Hanya dengan modal tiket kereta Rp 5.000 sekali jalan, sudah bisa sampai di Bogor. Ada beberapa tempat kuliner yang mudah diakses dari stasiun: Taman Topi, Taman Kencana, dan Surya Kencana.

Kali ini gue akan cerita kuliner di Surya Kencana Bogor.

Dari Stasiun Bogor gue akan jalan ke depan BJB, kemudian pesan ojek online. Ojek online dari depan BJB menuju Gang Aut berkisar Rp 8.000 sampai Rp 15.000. Kalau sudah di Gang Aut, tinggal jalan kaki aja, banyak banget jajanan di sana.

1. Asinan Sayur dan Buah

Salah satu kuliner Bogor yang diincar adalah asinan. Ada banyak tempat yang menjual asinan, salah satu yang terkenal adalah Asinan Gedong Dalam. Asinan Gedong Dalam berjarak 1.5 KM dari Surya Kencana. Harga berkisar Rp 20.000 sampai Rp 30.000. Jangan lupa beli kerupuknya karena dijual terpisah.

2. Martabak Encek

Martabak yang paling dicari kalau ke wisata kuliner ke Surya Kencana Bogor. Lokasi persisnya di Gang Aut, bisa diakses dari Jl. Surya Kencana ataupun Jl. Roda. Buka mulai jam 1 siang dan disarankan datang ke sini saat buka.

Yang menarik dari Martabak Encek, sudah ada sejak tahun 1975 dan dimasak menggunakan arang. Gue paling suka martabak kejunya, keju berlimpah, adonannya ga terlalu lembek, dan manisnya pas. Paling enak kalau masih panas karena pinggirnya garing banget. Martabak keju dijual seharga Rp 60.000 per porsi dan bisa untuk 4 orang.

Martabak Encek Bogor Indonesia A-Z
Martabak Encek Bogor

3. Bir Kotjok

Es Bir Kotjok Indonesia A-Z
Es Bir Kotjok

Rp 5.000 saja! Minuman ini yang biasanya gue beli setelah makan siang di Surya Kencana Bogor. Jelas 0% alkohol karena Bir Kotjok terbuat dari air jahe dan es batu yang dikocok sampai berbuih. Disebut bir karena ketika dituang berbuih seperti bir. Lokasinya di Gang Aut, ga jauh dari Martabak Encek, ada juga yang berjualan di dekat pepes sagu pisang.

4. Laksa Gang Aut

Untuk penggemar Laksa, wajib coba Laksa Mang Wahyu di Gang Aut. Yang menjadikan laksa ini berbeda dari laksa lainnya, kuah laksanya berbumbu banget. Seporsi laksa dihargai Rp 15.000.

5. Soto Kuning

Antrian Soto Kuning Surya Kencana Indonesia A-Z
Antrian Soto Kuning Pak Yusup

Ada soto kuning Bang Salman, Pak Yusuf dan Pak Yusup yang cukup terkenal. Buat gue rasanya ga jauh beda. Terakhir gue coba adalah Soto Kuning Pak Yusup (pake P) yang lokasinya dekat Gang Aut. Harga seporsi soto tergantung berapa potong daging atau paru atau kikil atau jeroan yang diambil, dimana harga satuannya Rp 11.000. Jadi kalau ambil 2 daging dan 1 paru, semangkok soto tanpa nasi harganya Rp 33.000. Enak? Yah oke lah, tapi lumayan mahal apalagi kalau kalap ambil daging.

6. Baso Kikil

Baso Kikil Surya Kencana Indonesia A-Z
Baso Kikil Surya Kencana Bogor

Agak mirip dengan Soto Kuning Pak Yusup, baso kikil di sini dihitung per potong untuk daging atau kikilnya. Semangkuk baso dihargai Rp 15.000 dan pembeli bisa memilih sendiri potongan daging atau kikil seharga Rp 10.000/potong. Gue suka tekstur basonya yang garing dan kuahnya yang bening. Sayangnya, tempat duduk hanya kursi tanpa meja dan antrian cukup panjang pas jam makan siang.

Antrian Baso Kikil Surya Kencana Indonesia A-Z
Antrian Baso Kikil

7. Asinan Jagung Bakar

Asinan Jagung Bakar Pak Sabur Indonesia A-Z
Asinan Jagung Bakar Pak Sabur

Konsepnya sederhana, jagung bakar diparut dan direndam di kuah asinan. Seporsi asinan jagung bakar dihargai Rp 20.000 dan kerupuk mie Rp 10.000. Buat gue, yang bikin nagih adalah kerupuk mie yang direndam di kuah asinan, kalau asinannya ga beda dengan asinan lain.

8. Cungkring

Cungkring Pak Jumat Surya Kencana Indonesia A-Z
Cungkring Pak Jumat depan toko kopi

Rasanya unik dan gue belum pernah nemu ini di daerah lain. Cungkring terdiri dari irisan kikil atau otot, lontong, dan keripik tempe yang diguyur kuah kacang kental. Seporsi cungkring dihargai Rp 17.000. Oke, wajib dicoba biar ga penasaran hehe..

Gerobak Cungkring Pak Jumat Surya Kencana Bogor Indonesia A-Z
Gerobak Cungkring Pak Jumat di depan Lalu Coffee

9. Combro

https://www.instagram.com/p/BXZ13siAH2J/

Ini kesukaan gue! Enak banget. Rp 3.000 per combro yang cukup besar ukurannya dengan parutan singkong kasar dan oncom yang melimpah. Paling enak dimakan waktu masih hangat dan garing.

10. Cakwe

Persis di sebelah gerobak combro ada cakwe yang enak. Hanya Rp 2.000/buah lengkap dengan saus kacang. Wajib dicoba kalau wisata kuliner Bogor. Cakwe ini tetap empuk walaupun sudah dingin.

11. Lumpia

Nah masih di Surya Kencana Bogor, ada beberapa gerobak lumpia yang bisa ditemui. Rasa dan harga hampir sama untuk sebuah lumpia di sini. Isinya seperti lumpia pada umumnya, tauge, telur, dan rebung.

12. Pepes Sagu Pisang

Penggemar pepes wajib coba ini. Aneka macam pepes tersedia di sini, tapi yang paling terkenal adalah pepes sagu pisang. Wangi dan manisnya pas! Selain pepes sagu pisang, di sini juga menjual pepes untuk lauk seperti pepes ikan, pepes telur asin, pepes jamur, dan lainnya. Harganya mulai dari Rp 5.000. Gerobak pepes persis di sebelah Indomaret.

13. Ngo Hiang – Non Halal

Ini favorit gue selain combro dan Martabak Encek, ngo hiang! Selain ngo-hiang di sini juga menjual siomay dan nasi campur. Gue suka pas masih hangat dan garing. Selalu makan tanpa disiram karena menurut gue lebih cocok dicocol, tergantung selera sih. Harga seporsi ngo hiang isi 2 Rp 50.000.

Ngo Hiang Gang Aut Indonesia A-Z
Ngo Hiang Gang Aut

14. Soto Mie Agih – Non Halal

https://www.instagram.com/p/BHi4R5Uj1su/

Buat pork lover, harus coba ini. Tapi gue sendiri lebih suka soto mie dengan daging sapi. Lokasinya persis di sebelah Ngo Hiang.

Selain 14 kuliner di atas, masih banyak kuliner menarik lainnya di Surya Kencana Bogor yang bisa kalian coba. Seperti es pala, talas, sate sum-sum, dan lainnya. Yang pasti, bawa uang cash kalau ke sini.