Pantai Nyang Nyang Uluwatu Indonesia A-Z
TRAVEL STORY

Jalur Seru ke Pantai Nyang Nyang

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on telegram
Share on whatsapp

Setelah kejadian “salah pantai” kali ini gue ke Pantai Nyang Nyang yang seharusnya. Pantai Nyang Nyang ada beberapa jalur masuk, kalau di Google Map, cari yang ada Warung Nyang Nyang. Dari jalan utama sampai ke parkiran atas, jalannya sudah bagus. Ada ojek dan beberapa warung di parkiran atas, mobil biasanya parkir di sini. Sudah diinfo pemilik homestay kalau jalur turun ke parkiran bawah Nyang Nyang lumayan curam. Bayar tiket masuk serelanya untuk retribusi perbaikan jalan.

Jalur turun ke Nyang Nyang

Pantai dari parkiran motor bawah Nyang Nyang Indonesia A-Z
Pantai dari parkiran motor bawah

Skill naik motor gue diuji! Hahaha.. Jalur turun ga terlalu sempit, tapi curam dan berbelok. Bli Cipta, yang percaya motornya gue sewa, nungguin gue di bawah setiap turunan, sebelum belokan bilang “Bisa, Mbak!” Well, orang lain aja percaya gue bisa, kenapa gue ga? Perlahan dan pasti, rem depan, rem belakang dan kaki siap napak kalau tiba-tiba gue panik. Lagi deg-degan, ada bapak-bapak lewat naik motor di sebelah gue “Bisa Mbak, lurus aja lihat ke depan, jangan ke samping”. Baiklah…… Satu turunan berhasil dilewati, belok, turunan kedua, belok, ketiga, seterusnya, dan akhirnya gue sampe di parkiran bawah! Achievement unlocked! Nengok ke belakang, “Njir, gimana nanjak baliknya nih tar?” Yaudahlah Ren, pikirin aja nanti, main di pantai dulu.

Jalanan menuju pantai Nyang Nyang Indonesia A-Z
Jalanan menuju parkiran bawah

Parkiran motor di Nyang Nyang

Karena siang dan masih panas, belum banyak pengunjung di Nyang Nyang. Dari parkiran motor di bawah ke pantai tinggal turun tangga dan jalan sedikit. Udah ada Pram, temen gue di situ, mau surfing rencananya. Jalan terus ke arah timur (kiri) pantai sampai ketemu warung Sea Sand. Super duper panas siang itu, berasa nanjak Rinjani gue (lebay sih), susah jalan karena pasirnya tebel. Terlalu bagus langit dan laut siang itu, ditambah pantainya sepi, happy banget!

Pantai Nyang Nyang yang sepi Indonesia A-Z
14.30 WITA di Nyang Nyang

Warung Sea Sand

Warung Sea Sand Nyang Nyang Indonesia A-Z
Warung Sea Sand di Nyang Nyang

Setelah jalan sekitar 15 menit akhirnya sampai di Warung Sea Sand. Emang agak jauh dari parkiran motor, tapi oke banget di sini. Selain jual minuman dan mie instan, di warung ini ada kamar ganti yang dulunya bagian hotel bubble di belakang warung. Jadi aman bisa bilas setelah main air.

Depan warung Sea Sand Nyang Nyang Indonesia A-Z
Depan warung langsung ke laut

Ngapain aja di pantai?

Gue betah duduk lama-lama di pantai, dimanapun termasuk Nyang Nyang. Mandangin laut, duduk pinggir pantai kena ombak tipis, ya kalau lagi sial pas ombak kenceng kaki kepentok batu karang yang kebawa ombak. Kalau bareng teman ngobrol dan ketawa-ketawa sampe puas.

Kontemplasi di Nyang Nyang Indonesia A-Z
Mandangin laut itu menyenangkan

Kalau sendirian di pantai itu jadi waktu yang pas buat gue kontemplasi. “Apa sih life goal hidup lu? Dengan yang dilakukan sekarang makin dekat kah ke life goal?” “Satu dan lain hal yang terjadi itu saling berkaitan kalau ditarik mundur. Rencana-Nya rapih banget ya, tapi kenapa suka overthinking padahal hidup sudah diatur dengan rapih”. Berat ya? Hahaha.. Ga seberat kalau mikirnya di Jakarta kok, ini lebih santai karena di pantai, kadang sambil tiduran lihat awan yang bergerak. Makanya suka banget ke pantai yang sepi.

Sunset dan tanjakan curam

Pengennya sih sunset-an sampe matahari tenggelam, tapi realistis dengan tanjakan pulang. Matahari sedikit ketutup bukit karena Nyang Nyang di sebelah selatan. Perjalanan pulang ga semulus pas turun. Err banyak motor yang baru turun dan beberapa orang jalan kaki.

Sunset di Nyang Nyang Indonesia A-Z
Sunset di Nyang Nyang

“Gas pol!” kalimat Pram yang gue inget biar gue bisa nanjak. “Ok, standby di belakang gue ya!” Tanjakan pertama dan kedua aman, deg-degan men! Tanjakan berikutnya karena papasan sama motor dan terlalu ke kanan, gue panik, berhenti di tengah-tengah tanjakan. Rem depan belakang, dibantu tahan dari belakang, gas lagi, gue nanjak. Selamat.

Tinggal 2 tanjakan lagi tapi….. ada rombongan cewek-cewek yang udah diklakson ga mau minggir, duh. Terpaksa ambil agak ke ke kanan lagi dan papasan sama motor. Tiba-tiba panik ga bisa nanjak padahal udah gas pol. Rem depan, rem belakang, kaki turun, tapi makin merosot karena sandal licin keringetan. Nengok kanan tebing, makin panik. Kali ini gue minta Pram turun dari motor karena gue udah panik. Ga sampai 5 menit kejadiannya tapi berasa lama banget.

Terlalu bagus pantai Nyang Nyang buat ga didatengi Indonesia A-Z
Terlalu bagus pantainya

Kalau ditanya mau lagi ga ke Nyang Nyang? Mau! Tapi ga tau gw milih naik motor atau jalan kaki turunnya hahahaha… Terlalu bagus pantainya buat ga balik ke sana lagi