Air Terjun Laputi Indonesia A-Z
TRAVEL STORY

Laputi Si Air Terjun Cantik dan Sakral di Sumba

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on telegram
Share on whatsapp

Cerita tentang Sumba ga akan ada habisnya, cantik dan eksotis! Mulai dari pantai, tenun, rumah adat, dan air terjun. Beberapa air terjun di Sumba seperti Waimarang dan Tanggedu sudah ramai dikunjungi wisatawan. Kali ini gue mau cerita tentang si cantik Laputi, air terjun di Taman Nasional Laiwangi Wanggameti di Sumba Timur.

Pelangi di bawah air terjun Indonesia A-Z
Pelangi di bawah air terjun

Air terjun Laputi bentuknya berundak-undak seperti tangga. Ketika kemarau dan debit air tidak terlalu banyak, kita bisa memanjat sampai ke undakan bagian atas. Butiran air terjun yang terkena biasan cahaya matahari akan menghasilkan pelangi, cantik banget! Waktu terbaik berkunjung ke Laputi saat pagi atau siang hari.

Bebatuan dengan lumut Indonesia A-Z
Bebatuan dengan lumut

Semakin ke atas semakin licin, harus berhati-hati karena bebatuan di bagian atas ditumbuhi lumut. Gue ga menyarankan memakai sandal jepit ke air terjun, karena licin banget. Air terjun utama terletak di paling atas, di antara pepohonan yang rindang. Begitu sampai di atas, rasanya males turun lagi, adem banget! Persis di bawah air terjun utama ada kolam yang akan mengalirkan air ke undakan di bawahnya. Air Terjun Laputi digunakan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH).

Danau Laputi Indonesia A-Z
Danau Laputi

Laputi merupakan air terjun paling unik di Sumba karena airnya berasal dari Danau Laputi yang berada persis di atasnya dan memiliki banyak belut. Bukan sembarang belut, belut di dalam danau ini dipercaya merupakan jelmaan roh nenek moyang, mereka menyebutnya Apu (artinya nenek). Gue dan teman-teman mencoba memanggil belut “Apu.. Apu..” dan percaya atau tidak, mereka (belut-belut) itu muncul di permukaan danau. Danau ini berwarna hijau dan sangat tenang, tidak diketahui berapa kedalaman danau dan berapa banyak belut di dalamnya. Belut ini tidak boleh ditangkap ketika masih di danau, namun jika sudah jatuh ke air terjun, belut ini boleh dimakan.

Belut yang disebut Apu Indonesia A-Z
Belut yang disebut Apu

Perjalanan menuju Laputi tergolong jauh dari jalan utama Pulau Sumba, sekitar 2.5 jam dari Tarimbang, Sumba Timur, tapi tidak perlu trekking untuk sampai di air terjun. Pastikan membawa makanan dan minuman karena belum ada warung di sekitar sini.

Laputi Indonesia A-Z