Bambu Rafting Loksado Indonesia A-Z
TRAVEL STORY

Susur Sungai Amandit dengan Bamboo Rafting Loksado

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on telegram
Share on whatsapp

Sebelum merencanakan ke Kalimantan Selatan, gue ga pernah tau daerah Loksado punya tempat menarik. Taunya cuma pasar apung di Banjarmasin. Setelah ngobrol dengan beberapa teman dari Banjarmasin, Loksado dan Kerbau Rawa masuk jadi bucketlist gue. Berhubung ada waktu lumayan lama dan pengen eksplor Kalimantan Selatan, gue memutuskan ke sana.

Bebatuan di Sungai Amandit Indonesia A-Z
Bebatuan di Sungai Amandit

Ga banyak tempat yang menyediakan bamboo rafting, Loksado salah satunya. Di Loksado, pengunjung akan diajak menyusuri Sungai Amandit selama kurang lebih satu jam. Menyusuri sungai dengan rakit bambu itu cukup menantang adrenalin, apalagi ketika berarus dan menabrak batu.

Menyusuri Sungai Amandit Indonesia A-Z
Menyusuri Sungai Amandit

How to get there?

Ga ada angkutan umum atau jalur kereta ke sana. Jadi gue sewa mobil Rp 1.200.000/hari termasuk bensin. Kami langsung menuju ke Mountain Meratus Resort, sekitar 4 jam dari Banjarmasin. Alasan memilih penginapan ini karena lokasinya strategis untuk bamboo rafting, Sungai Amandit persis di belakang penginapan ini.

Bamboo Rafting Loksado

Menantang adrenalin Bamboo rafting loksado Indonesia A-Z
Menantang adrenalin

Karena malam sebelumnya hujan, pagi itu arus sungai cukup deras, jadi kami mulai bamboo rafting sekitar 10.30 WITA. Cuaca siang itu cerah dan arus sungai juga bersahabat. Gue sangat menikmati bamboo rafting Loksado. Untuk penyewaan rakit bambu, gue menghubungi pihak penginapan. Harga sewa rakit Rp 300.000 dengan kapasitas 3 orang

Menikmati Sungai Amandit Bamboo Rafting Loksado Indonesia A-Z
Duduk santai di rakit

Selama perjalanan pemandangannya adalah hutan dan pegunungan Meratus. Bisa duduk santai di rakit atau berdiri kalau mau lebih menantang. Aman ga? Aman… Ada guide dan 2 bambu untuk kendali di setiap rakit, yang sudah ahli mengendalikan rakit dan sudah hafal medan sungai. Jadi ketika ada batu, rakit akan dibelokan supaya tidak terbalik. Ketika berarus, ikuti saja arusnya. Kalau selama susur sungai berdiri, baju ga akan basah, tapi kalau duduk, pasti basah semua.

Sungai berarus Bamboo Rafting Loksado Indonesia A-Z
Ketika sungai berarus

Ga terasa, sudah sekitar satu jam main di sungai. Rakit bambu menepi dan bamboo rafting hari itu selesai. Recommended? Iya dong! Kapan lagi cobain kayak gini. Karena masih siang, hari itu gue lanjut ke trekking ke Bukit Langara.

Parkiran rakit bamboo rafting Indonesia A-Z
Parkiran rakit

Tips:

  1. Bawa drybag untuk menyimpan peralatan elektronik dan dompet
  2. Konfirmasi ke guide untuk arus sungai, jangan memaksakan bamboo rafting ketika arus deras
  3. Pakai sunblock atau topi karena sebagian jalur sungai cukup terik
  4. Bawa pelampung jika dirasa membutuhkan